Pelantikan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum 2019

Pelantikan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum 2019

Selong, (12/3) Sebanyak 60 orang anggota PPK dan 762 orang PPS dilantik dan dikukuhkan oleh  Ketua KPU Kabupaten Lombok Timur.
Acara Pelantikan dan Pengukuhan berlangsung  di Ballroom lantai 2 Kantor Bupati Lombok Timur.

Bupati Lombok Timur yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, Drs. H. Rohman Farly,  MM dalam sambutannya menyampaikan sejumlah arahan. Pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi. Pemilu 2019 tidak kalah pentingnya dengan Pemilu lainnya, atau bahkan Pilkada serentak 2018 yang akan dilaksanakan beberapa bulan mendatang. Pemilu 2019 adalah wajah demokrasi negara ini.
PPK dan PPS sebagai ujung tombak pelaksanaan kegiatan lima tahunan ini menentukan pula suksesnya perjalanan dan pelaksanaan Pemilu.  Karennya kerja keras dan sungguh-sungguh sesuai tugas, wewenang, dan kewajiban sudah menjadi garis keras yang harus ditetapkan. "Tidak bisa setengah-setengah, harus optimal," ungkap Sekda

.
Tidak kalah penting pula adalah kerjasama, komunikasi, serta koordinasi dengan penyelenggara lainnya demi kelancaran serta menopang tugas masing-masing. Dengan demikian Pemilu sebagai bentuk kedaulatan rakyat dapat terwujud. Di akhir sambutannya, Rohman mengingatkan kepada anggota PPK dan PPS, sumpah/ janji yang telah diucapkan adalah janji kepada Tuhan Yang maha Esa, dan lebih personal lagi kepada diri sendiri. Karenanya, "bekerjalah secara profesional, independen, serta menjaga integritas. Laksanakan tugas dan tanggung jawab secara maksimal,"ujar Rohman mengingatkan.

Sebelumnya Ketua KPU Kabupaten Lombok Timur, Muh. Saleh, S.IP, MH dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota PPK dan PPS dalam melaksanakan Pilkada tahun 2018 diharapkan lebih baik dari tahun sebelumnya.Diharapkan juga anggota PPK dan PPS bersikap netral di dalam pemilihan ini. Masyarakat Lombok Timur menitipkan amanah dan tanggungjawab kepada semua anggota PPK dan PPS, dan ini merupakan pertaruhan demokrasi.

Senada dengan itu Ketua KPU Provinsi NTB yang diwakili Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Hesty Rahayu,  ST,  MM mengatakan bahwa anggota PPK dan PPS sangat menentukan calon yang akan memimpin Kabupatennya. Demokrasi yang bermartabat ada ditangan PPK dan PPS. Hesti mengatakan Demokrasi yang ideal adalah demokrasi yang bermartabat dan beretika. hal itu bukan merupakan dongeng,  dan dapat diwujudkan di Kabupaten Lombok Timur,"  harapnya. Karena itulah PPK dan PPS harus jujur dan profesional dalam melakukan tugasnya.
"Mari jaga intregitas kita,  profesionalisme kita,  demokrasi kita, dengan Jujur dan adil. Tunjukan kemampuan kita secara bermartabat,  jauhkan hal-hal yang di luar kemampuan kita yang dapat merugikan orang lain. Keberhasilan di akhirnya tergantung dari kita semua." ungkap Hesti panjang.

Hadir pada acara tersebut Forkopimda, Komisioner KPU, Komisioner Panwaslu, OPD terkait, Camat dan tamu undangan lainnya.