BUPATI DORONG NELAYAN LABUHAN LOMBOK MILIKI BADAN HUKUM

BUPATI DORONG NELAYAN LABUHAN LOMBOK MILIKI BADAN HUKUM

 

Berlangsung di Gang Cendana Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabya, Kamis, 19 November, Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menggelar pertemuan dengan sejumlah nelayan setempat. Beberapa persoalan yang dihadapi nelayan termasuk sulitnya mendapat akses bantuan dari Pemerintah Daerah ditampung Bupati. Tidak hanya Bupati, Perama Tour yang juga memiliki aset berupa empat are bidang tanah dan beberapa aset  bangunan lainnya turut bersama Bupati mendengar keluh kesah para nelayan. pihak Perama berkomitmen akan menyerahkan aset yang dimiliki kepada nelayan setempat asalkan aset-aset tersebut dapat dikelola dengan baik.

Pada kesempatan tersebut Bupati mendorong para nelayan yang tergabung dalam kelompok nelayan pada mele agar segera mengurus Badan Hukum mereka baik Akte Pendirian Kelompok maupun Sertifikat. Bupati juga meminta Kepala Desa Labuhan Lombok membantu nelayan dalam membentuk kepengurusan hingga terbitnya Badan Hukum mereka.

Ditegaskan Bupati jika telah Berbadan Hukum, para nelayan akan lebih mudah mengakses bantuan dari pemerintah, sebab syarat dimaksud mutlak diperlukan dalam pengucuran bantuan. Dalam hal ini Pemerintah Daerah tegas Bupati tidak memberi bantuan dalam bentuk uang tunia, namun berupa peralatan-peralatan  yang dibutuhkan nelayan untuk melaut atau dalam pengelolaan ikan.

Terdapat sebanyak 50 nelayan dalam Kelompok Nelayan Pade Mele ini. Minimnya perhatian dari Pemerintah Daerah membuat para nelayan tradisonal ini mengaku kesulitan berkembang dan meningkatkan tarap hidup mereka. R-Z